Pembekalan PPL dan Magang Bagi Mahasiswa Fakultas Agama Islam UNU Blitar

Pada hari Sabtu (13/8/2022) Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menyelenggarakan pembekalan Program Praktik Lapangan (PPL) dan magang bagi mahasiswa perdana angkatan 2019/2020. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Meeting Lantai III Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dimoderatori Devia Purwaningrum, M.Psikolog selaku Wakil Dekan Fakultas Agama Islam UNU Blitar. Setelah acara dibuka, kemudian dilanjutkan sambutan dari Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd., selaku Dekan FAI UNU Blitar. Usia sambutan, dilanjutkan acara pembekalan yang disampaikan Setyoadi Pambudi, M.E., selaku Ketua Pelaksana PPL dan Magang untuk mahasiswa FAI UNU Blitar angkatan 2019/2020. 

Pambudi menyatakan bahwa program praktik lapangan (PPL) dan magang memberikan tantangan dan kesempatan untuk membangun kreatifitas dan kapasitas mahasiswa serta mengembangkan kemandirian dalam memperoleh pengetahuan melalui kenyataan yang ada. Adapun salah satu manfaat dari program praktik lapangan (PPL) atau magang adalah memberikan pengalaman dunia kerja yang sesuai dengan capaian kompetensi yang telah ditetapkna oleh program studi masing masing. Selain itu, mahasiswa akan mampu beraktualisasi dan berkreasi pada ilmu yang dimiliki serta dalam hubungan berkomunikasi dalam lingkungan kerja.

“Sebagian dari manfaat PPL dan magang adalah memperdalam dan meningkatkan keterampilan dan kreativitas diri dalam lingkungan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Juga, PPL dan magang bermanfaat bagi mahasiswa untuk menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja dan menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan lingkungan kerja di masa mendatang. Dan yang paling penting lagi, PPL dan magang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kerja agar siap terjun langsung di dunia kerja” ungkap Pambudi.

Sementara dalam simpulan akhir acara pembekalan, Purwaningrum menyatakan bahwa dalam melakukan program praktik lapangan (PPL) dan magang harus memperhatikan prosedur yang telah ditentukan. Misalnya, mahasiswa harus melapor ke dosen pembimbing lapangan yang ditunjuk sebelum melakukan PPL atau magang. Dosen pembimbing lapangan memberikan arahan mengenai kegiatan PPL atau magang yang sesuai dengan kompetensi yang dipiih. Mahasiswa melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pimpinan, pembimbing, eksternal, atau supervisor di tempat magang.

“Intinya, mahasiswa harus mengikuti prosedur pelaksanaan PPL atau magang yang telah ditetapkan fakultas. Buku panduan program praktik kerja yang telah dibagikan harus dipahami secara benar dan tepat. Insya Allah, jika pemahaman terhadap buku panduan yang sudah dibagikan benar-benar mendapat perhatian utama, maka pelaksanaan PPL atau magang akan segera terselesaikan dengan lancar dan baik”, kata Purwaningrum.

Setelah acara penyampaian isi buku panduan, diskusi, dan kesimpulan terselesaikan dilanjutkan doa penutup yang disampaikan Ustdaz Abd. Rouf, M.A, Kepala Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir FAI UNU Blitar. Dalam akhir doanya, Rouf menyampaikan harapan mudah-mudahan kegiatan PPL atau magang semua mahasiswa angkatan 2019/2020 Fakultas Agama Islam UNU Blitar nantinya berjalan lancar. Mudah-mudahan pula, semua civitas akademika UNU Blitar selalu mendapat pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT