DEKAN FAI UNU DAN KETUA LPTNU BLITAR SOSIALISASIKAN FAKULTAS DI TK AL-HIDAYAH WONODADI BLITAR

Pada hari Rabo (24/8/2022) Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar bersama Dr. Puji Wianto, M.Pd., selaku Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) melakukan sosialisasi tentang Fakultas Agama Islam UNU Blitar kepada guru PAUD dan TK sekecamatan Wonodadi. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Kelas TK Al-Hidayah Wonodadi Blitar.

Arif menyatakan bahwa Fakultas Agama Islam UNU Blitar saat ini memiliki tujuh program studi, 56 dosen, 23 tenaga pendidik, dan 361 mahasiswa. Namun data ini belum diupdate. Sementara itu, dana penelitian perprodi sebanyak 8 juta pertahun, dana pengabdian perprodi sebanyak 8 juta perprodi. Adapun layanan kemahasiswaan ada empat, yaitu layanan BK dan kesehatan, layanan karir dan alumni, layanan minat dan bakat, dan layanan beasiswa.

“Untuk pengelolaan program studi setiap Fakultas Agama Islam UNU Blitar, selalu dilaukan Laporan Evauasi Diri (LED). LED ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi diri yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan fakta melalui kegiatan yang komprehensif, terstruktur, dan sistematis. LED disusun dengan tujuan yang sangat jelas, yaitu untuk menilai kinerja program studi melalui proses akreditasi. Dengan demikian, prodi di Fakultas Agama Islam akan mampu mengikuti pada apa yang ditetapkan pemerintah”, ungkap Dr. Puji Wianto, M.Pd.

Sementara itu, Arif menyatakan bahwa visi Fakultas Agama Islam UNU Blitar adalah menjadikan fakultas menjadi unggul dan berkompeten dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berpedoman kepada ahlis sunnah wal jamah an-nahdliyah. Sementara itu, misi FAI UNU Blitar adalah sebagaimana berikut.

Pertama, menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislaman, kematangan professional, kedalaman akidah, dan keluhuran akhlak.

Kedua, meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan berpedoman kepada akidah ahlus sunnah wal jamaah.

Ketiga, mengembangkan manajemen faakultas yang memiliki tata kelola baik (good university govermance).

Keempat, menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk mewujudkan kemampuan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya.

“Alhamdulillah, hari ini kami diberi kesempatan Tuhan untuk mensosialisasikan Fakultas Agama Islam UNU Blitar. Insya Allah, akan ada tiga puluhan guru PAUD dan TK yang ingin bergabung pada lembaga FAI. Mudah-mudahan Tuhan selalu memberikan kelancaran terhadap niat para guru PAUD dan TK sekecamatan Wonodadi Blitar dalam bergabung ke lembaga FAI UNU Blitar”, ujar Dr. Puji Wianto, M.Pd., mengakhiri. []