Aktualisasi Semangat Idul Fitri, Pimpin Pemulihan Generasi Berkarakter

Pada hari Rabu (3/5/2023) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HIMAPRODI PIAUD) Fakultas Agama Islam mengadakan serangkaian kegiatan Halal Bi Halal, Peringatan Hari Buruh Internasional, dan Peringatan Hari Pendidikan Nasional bertajuk “Aktualisasi Semangat Idul Fitri, Pimpin Pemulihan Generasi Berkarakter” di Kampus Graha Nahdlatul Ulama Minggirsari Kanigoro Blitar.

Kegiatan yang mengundang Dekan Fakultas Agama Islam dan ketua program studi, dan para dosen di lingkungan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) tersebut dihadiri berbagai mahasiswa dari berbagai tingkatan.

“Banyak sekali mahasiswa yang hadir pada acara ini, dan semua berjalan kompak. Kegiatan Halal Bi Halal yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ini sekaligus memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Mei dan memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei”, ungkap Dessy Farantika, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Ketika dikonfirmasi kegiatan tersebut, Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Agama Islam yang saat acara mengikuti Rapat Tim UPPS UNU Blitar menyatakan bahwa kegiatan dengan tema karakter yang dilakukan tersebut sangat sesuai dengan motto yang ada di UNU Blitar, yaitu “The Character Building”. Menurutnya, ada tiga karakter yang telah disepakati dalam statuta UNU Blitar.

Pertama, karakter kinerja. Yakni, kinerja merupakan suatu tindakan-tindakan proses atau cara bertindak atau melakukan fungsi organisasi. Oleh karena itu, usai Hari Raya Idul Fitri ini semangat kinerja, baik dari dosen maupun mahasiswa hendaknya dipacu sedemikian rupa agar menghasilkan suatu hasil tidak mengecewakan bagi siapapun.

Kedua, karakter sosial. Yakni, Nilai karakter sosial dalam Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum meliputi kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kepedulian, kesantunan, dan kepercayaan diri. Usai Hari Raya Idul fitri ini, keenam nilai karakter sosial tersebut hendaknya terus ditingkatkan baik bagi dosen maupun mahasiswa.

Ketiga, karakter moral. Yakni, moral adalah aturan-aturan kesusilaan. Dalam perguruan tinggi, tentu saja ada aturan-aturan maupun norma-norma yang harus dilakukan oleh sivitas akademika di dalamnya. Oleh karena itu, usai Hari Raya Idul Fitri ini aturan-aturan baik yang menyangkut dosen maupun mahasiswa harus ditingkatkan sedemikian rupa. 

Sementara itu, Devi Candra Nindiya, M.Pd., selaku pembimbing Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HIMAPRODI PIAUD) menyatakan bahwa kegiatan tersebut berjalan lancar dan tidak ada halangan yang berarti. “Syukur, Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar”, ungkap Devi Candra Nindiya, M.Pd mengakhiri pembicaraan.