Jamin Mutu Lulusan UNU Blitar, LSP P-1 UNUBlitar Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi yang Perdana

Setelah resmi mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-1 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar (LSP P-1 UNU Blitar) selenggarakan Pelatihan dan Uji Kompetensi (Ujikom) untuk pertama kalinya. Pelatihan dan Ujikom perdana ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juni 2021 dengan skema Okupasi Nasional Senior Office Operator yang diikuti oleh 5 asesi, yakni mahasiswa dari Prodi Ilmu Komputer, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

“Alhamdulillah, Pelatihan dan Ujikom  perdana di LSP P-1 UNU Blitar sukses terselenggara. Kegiatan Pelatihan dan Ujikom  ini  dilaksanakan untuk menjamin kemampuan mahasiswa dibidang pengoprasian komputer, yang selanjutnya akan dituliskan dalam deskripsi Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI). Mahasiswa yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini bermanfaat untuk bekal mereka saat bersaing di dunia kerja dan dunia industri ” tutur Siti Karomah, M.Pd selaku Direktur LSP P-1 UNU Blitar.

Sebelum kegiatan Ujikom  terlaksana, asesi terlebih dahulu melengkapi berkas pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan selama dua sesi. Pelatihan ini bertujuan untuk memperdalam  kompetensi mahasiswa dalam pengoperasian komputer. Pada esok harinya, proses Ujikom dialaksnakan untuk menguji aspek pengetahuan, sikap dan ketrampilan asesi dalam pengoprasian komputer ( Skema Okupasi Nasional Senior Office Operator) 
“Untuk kegiatan pelatihan dan ujikom Gelombang 2, akan dilaksanakan tanggal 18-19 Juni 2021 ini, masih dengan skema yang sama, yakni Skema okupasi Nasional Senior Office Operator. Calon asesi diharapkan berperan aktif untuk menggali informasi mengenai alur sertifikasi dan skema tersebut di situs resmi LSP P-1 UNU Blitar, melalui laman lsp.unublitar.ac.id,”tambahnya.

Lebih jauh, Widiarini, M.Pd sebagai wakil rektor bidang akademik menambahkan bahwa calon lulusan UNU Blitar diwajibkan mengikuti pelatihan dan Ujikom untuk dua skema sekaligus, yakni Skema Okupasi Nasional Senior Office Operator yang berlaku untuk seluruh prodi, dan skema khusus yang kompetensinya sesuai dengan prodinya. Dengan adanya Pelatihan dan Ujikom perdana ini, LSP P-1 UNU Blitar sudah memiliki langkah-langkah pengembangan untuk menambah kualitas mutu lulusan UNU Blitar.