Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Allah SWT telah berfirman, “Allah mengangkat derajat orang-orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (QS. Al-Mujadalah: 11). Sabda Nabi Muhammad SAW, “Menuntut ilmu pengetahuan merupakan kewajiban bagi orang Islam laki-laki dan perempuan” (HR. Bukhari-Muslim).

Ada rasa bahagia di mana pada tahun 2019 berdasarkan SK Kementerian Agama No. 460 tertanggal 22 Mei 2019 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar telah mendapat izin operasional melakukan tujuh program studi Fakultas Agama Isam (FAI), antara lain: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Psikologi Islam (PI), Hukum Keluarga Islam (HKI), Ekonomi Syariah (ES), Perbankan Syariah (PS), Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT), dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Tentu saja, hal tersebut harus disyukuri agar kenikmatan yang diberikan Tuhan semakin bertambah. Firman Allah SWT, “Apabila kalian besyukur, maka Aku tambahkan nikmat kepada kalian” (QS. Ibrahim: 7).

Secara politik, pelaksanaan Program Studi yang ada di Fakultas Agama Islam UNU Blitar secara implisit berusaha untuk mendukung pendidikan negara Indonesia, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang termuat dalam UUD 1945. Secara ekonomi, pelaksanaan Fakultas Agama Islam UNU Blitar adalah untuk meningkatkan kebutuhan ekonomi, misalnya menjadikan mahasiswa sebagai entrepreneur pada bidang masing-masing. Selain itu, adanya program studi di Fakultas Agama Islam UNU Blitar untuk menyediakan bagi lembaga-lembaga yang akan merekrut lulusan dari Fakultas Agama Islam UNU Blitar.

Secara multidisipliner, pelaksanaan Program Studi pada Fakultas Agama Islam UNU Blitar bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat secara luas. Para mahasiswa Fakultas Agama Islam UNU Blitar akan dibekali dengan keimanan dan ketakwaan (IMTAK) serta ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sehingga mereka mampu mengembangkan bahan ajar untuk berbagai macam bidan keilmuan dan lain sebagainya. Tentu saja, hal semacam itu merupakan terobosan berbaru bagi Fakultas Agama Islam UNU Blitar.

Program Studi dalam Fakultas Agama Islam UNU Blitar memiliki tenaga pendidik atau dosen lulusan doktor dan magister dari perguruan tinggi negeri maupun swasta ternama. Misalnya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dan lainnya. Para pendidik atau dosen memiliki keahlian yang signifikan dengan mata kuliah yang diampu, sehingga hal semacam ini akan banyak membawa kemajuan bagi perkembangan Fakultas Agama Islam UNU Blitar ke depan.

Tak jauh dari itu semua, Program Studi pada Fakultas Agama Islam UNU Blitar telah memenuhi beberapa unsur pembelajaran, antara lain: capaian pembelajaran yang jelas, organisasi yang sehat, pengelolaan yang transparan dan akuntabel, ketersediaan rancangan pembelajaran dalam bentuk dokumen kurikulum yang jelas dan sesuai pasar kerja, memiliki SDM akademik dan nonakademik yang handal dan professional, dan ketersediaan sarana prasarana dan fasilitas belajar yang sangat memadai. 

Oleh karena itu, kami selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar mengajak semua elemen masyarakat, baik tingkat lokal, nasional, dan internasional yang ingin berkonsentrasi pada beberapa program studi pada Fakultas Agama Islam UNU Blitar, untuk bergabung di lembaga ini. Insya Allah, lembaga kami akan selalu terbuka untuk para penuntut ilmu yang berkonsentrasi pada bidang program studi masing-masing. Kami akan selalu berusaha melayani amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. 

Akhir kata, ada ungkapan “tiada gading yang tak retak”, artinya tiada seorang pun di dunia ini yang luput dari kesalahan. Mudah-mudahan Allah selalu megampuni segala kesalahan kita, yang kita sengaja maupun yang tidak kita sengaja. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan pemahaman kepada kita semua, dengan iringan doa “Rabbi zidni ilma warzuqni fahma”, artinya Ya Tuhanku, tambahkanlah kami ilmu pengetahuan dan berilah kami berupa pemahaman. Amin Ya Rabbal Alamin.

 

Blitar, 12 November 2022

Dekan FAI UNU Blitar

 

 

Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.